Pemodelan geometris
merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang
mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk.
Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut kebanyakan 2D atau 3D, karena 2D
adalah model yang penting dalam komputer tipografi dan gambar teknik. Tiga
dimensi model adalah pusat untuk computer aided design dan manufacturing (CAD /
CAM), dan banyak digunakan dalam bidang teknik seperti sipil dan mechanical
engineering, arsitektur, geologi dan medis pengolahan gambar.
Geometris model yang
bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk, posisi, orientasi,
warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris model juga terdapat tingkat-tingkat
kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti menghubungkan beberapa bentuk sudut
pada permukaan bebas karena bentuk sudut tersebut harus pas dan teliti
ukurannya agar gambar terlihat nyata.
o
Tranformasi dari suatu konsep (atau
suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa di tampilkan pada
suatu komputer:
- shape/bentuk
- posisi
- Orientasi (cara
pandang)
- Surface
Properties / ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
- Volumetric
Properties / ciri-ciri Volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
- Lights/cahaya
(tingkat terang,jenis warna)
- Dan
lain-lain.
o
Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
- Jala-jala segi banyak : suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak,
dihubungkan satu sama lain.
dihubungkan satu sama lain.
- Bentuk
permukaan bebas : menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
- CSG : membangun
suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk
yang primitif.
yang primitif.
o
Elemen-elemen pembentuk grafik geometri :
o Elemen-elemen pembentuk grafik warna :
1. Sistem visual
manusia
2. Kubus warna
RGB (sistem koordinat R,G,B sebagai axes)
3. Model warna
C,M,Y
4. True Color
5. Indexed color
6. High Color
o Teknik Geometris secara:
1. The Hack
2. The Good
3. Splines
4. Implicit Surfaces
5. Subdivision Surfaces
6. The Gracefully Degraded
Referensi:
0 komentar:
Posting Komentar