SEJARAH PERKEMBANGAN GAME MOBILE

| Minggu, 30 Maret 2014


Awal tahun 1997 (Nokia 6110)

Mungkin sedikit sulit menentukan sejarah dari mobile game di dunia, coba kita telusuri dari awal tahun 1980-an. Tapi menurut saya sebenarnya game mobile itu sendiri baru memulai langkahnya saat Nokia meluncurkan Snake, pada tahun 1997 silam untuk Nokia 6110. Namun game Snake sendiri sebelumnya memang sudah eksis sejak akhir tahun 1970-an melalui arcade. Game ular ini sangatlah sukses di jamannya waktu itu (dicatat menurut unit ponsel yang terjual) hingga 400 juta kopi. Tentu prestasi yang mengesankan untuk sebuah game yang mengawali debutnya sebatas dengan beberapa kotak persegi yang bergerak di atas background berwarna hijau.



Tahun 2001 (Nokia NGage )

Diawal tahun 2001-an Nokia NGage QD, usaha pabrikan ponsel Nokia mulai merambah dan meramaikan industri game. Ini merupakan ponsel sekaligus piranti game yang lengkap dengan fitur-fitur multimedia dan interkonektivitas, seperti Bluetooth. Pada saat itu game di handphone seringkali dianggap sebagai pengisi waktu luang saja, dan bukan merupakan hiburan utama. Hal inilah yang dulu membuat N-Gage beberapa waktu yang silam kurang sukses sebagai sarana gaming. Dan karena itu juga , N-Gage yang mengandalkan game berbasis symbian terbukti kurang mampu menarik perhatian para developer game untuk merilis game-game bermutu.



Game mobile java (J2ME)

Seiring waktu, perkembangan game handphone justru menunjukkan bahwa makin banyak game berbasis java (J2ME) yang dirilis ke pasaran, sementara itu judul-judul game berbasis symbian terlihat hanya segelintir saja. Ini dikarenakan sifat bahasa pemrograman java yang cross-platform, yang artinya bisa dijalankan di berbagai macam tipe handphone, entah yang menggunakan operating system maupun tidak. Sedangkan game berbasis symbian hanya bisa dijalankan pada handphone yang menggunakan operating system symbian saja.
Hal inilah yang membuat developer game lebih tertarik merilis game berbasis java.
Gameloft, Digital Chocolate, Glu, dan FishLabs merupakan developer game handphone ternama yang kerap merilis game Java bermutu.



Game di OS (Android Smart Phone, iOS, BlackBerry OS, dll)

Yang akan kita bahas yaitu Android. Android merupakan salah satu sistem operasi yang mendukung program aplikasi game pada mobile. Sistem operasi android memang semakin terkenal dan bahkan menjadi sistem operasi handphone yang menarik bagi masyarakat. Contoh Handphone dengan sistem operasi Android adalah Motorola Milestone, Sony Ericsson xPeria X10, Samsung Galaxy S, LG Optimus, sampai Samsung Galaxy S Mini!
Salah satu daya tarik dari Android adalah banyaknya dukungan dan game terbaru yang tersedia untuk Android. Game-game terbaru seperti Angry Birds Rio ataupun Angry Birds Season sampai Need For Speed, Real Football 2011 ataupun PES 2011 tersedia secara gratis untuk Android. Dan tentunya android tidak terpaku oleh satu jenis pabrikan handpone seperti windows phone, iOS, dll.




Sumber: http://galiheko.blog.ugm.ac.id/2013/10/03/sejarah-perkembangan-mobile-game/

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲