BANJIR

| Sabtu, 15 Oktober 2011
Banjir adalah bencana alam yang terjadi apabila volume air yang mengalir dalam jumlah banyak yang menenggelamkan daratan atau tanah. Banjir mungkin akibat dari volume air dalam badan air, seperti sungai atau danau, yang meluap atau istirahat tanggul, dengan hasil bahwa beberapa air lolos batas biasa. Banjir juga bisa terjadi di sungai, ketika aliran melebihi kapasitas saluran sungai, khususnya pada tikungan atau liku.
Jika berbicara tentang banjir, tentu kita akan ingat dengan kota yang sering dilanda banjir yaitu Jakarta. Apabila sedang musim hujan yang berkepanjangan maka tidak bisa dipungkiri lagi akan banyak daerah-daerah Jakarta yang dilanda banjir. Faktor penyebab banjir itu dikarenakan ulah manusia juga. Kebanyakan orang-orang kurang memahami tentang pentingnya kebersihan lingkungan. Sampah dibuang sembarangan baik di jalan, di selokan ataupun di sungai yang akan membuat air tersumbat, sehingga dapat mengakibatkan banjir. Seharusnya kita mempunyai kesadaran masing-masing. Marilah kita coba untuk bergotong royong membersih kah selokan, got-got, dan jalanan yang dipenuhi dengan sampah-sampah.
Apa saja dampak yang ditimbulkan jika terjadi banjir? Dampak banjir sangat merugikan sekali. Banjir sering menyebabkan kerusakan pada rumah karena endapan air yang merendam rumah. Kita harus menyelamatkan barang-barang yang berharga ke tempat yang tidak terendam air. Dan repotnya lagi kita harus mengungsi ke tempat yang lebih aman dan menunggu air banjir tersebut surut. Banjir yg terjadi di jalan raya akan menghambat kendaraan transportasi yang melintas sehingga akan terjadi macet. Dan para pedagang pun tidak bisa berjualan seperti biasanya dan dia akan rugi besar atas barang dagangannya.
Selain itu banjir juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Seperti diare, gatal-gatal, sesak napas, dll.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲