LINGKUNGAN

| Sabtu, 15 Oktober 2011
Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia, dan perilakunya, yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.
Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap pembentukan dan perkembangan perilaku individu, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosio-psikologis, termasuk didalamnya adalah belajar.
Nah,, jadi lingkungan itu faktor yang sangat penting bagi hidup kita. Semua makhluk hidup sangat membutuhkan lingkungan. Kita tidak mungkin bisa hidup jika tanpa lingkungan, karena lingkungan adalah tempat yang kita tempati. Kita juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang kita tempati, karena itu sangat mempengaruhi kehidupan kita. Misalnya di lingkungan pedesaan, perkotaan, dll.
Bagaimana jika kita tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan kita? Tentu saja kita tidak akan nyaman dengan tempat yang kita singgahi. Tidak hanya manusia yang harus beradaptasi, semua makhluk hidup juga seperti hewan harus bisa beradaptasi dengan lingkungannya apabila mereka berpidah-pindah tempat.
Selain beradaptaptasi dengan lingkungan fisik, kita juga harus beradaptasi dengan lingkungan sosial. Karena lingkungan sosial akan mempengaruhi kepribadian kita dengan berinteraksi dengan orang lain. Kita harus pandai memilih teman agar kita tidak terjerumus ke hal yang negatif. Akibat salah pergaulan kepribadian atau perilaku seseorang bisa  berubah. Yang tadinya orang itu orang baik-baik, bisa berubah drastis jika orang itu bergaul dengan teman yang pergaulannya bebas dan mengarah ke negatif. Dia bisa menjadi pecandu rokok, minuman keras, atau narkoba. Hal itu disebabkan karena coba-coba atau dihasut temannya. Dapat  dilihat contohnya di sekitar kita banyak anak di bawah umur sudah doyan merokok. Itu karena pergaulannya kurang di awasi oleh orang tuanya.
Lingkungan keluarga juga sangat penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Kepribadian seorang anak bisa terbentuk dari orangtuanya. Orang tua harus mendidik dan membimbing anaknya, baik dalam keagamaan, sosial, ekonomi, pendidikan, dan lain-lain. Lingkungan keluarga ini hal yang harus lebih dulu di utamakan dari pada lingkungan di luar keluarga. Karena faktor pendorong yang baik untuk membentuk kepribadian seorang anak adalah orang tuanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲