Pengalaman Aktualisasi Diri

| Kamis, 10 November 2011


Kata aktualisasi diri adalah kata yang sering kita dengar.  Aktualisasi diri adalah keinginan untuk menjadi orang yang diakui keberadaannya sesuai dengan posisi dan peranannya.
Menurut para ahli ilmu jiwa, salah satu hal penting di dalam kehidupan manusia adalah aktualisasi. Aktualisasi secara harfiah berarti mewujudkan, tapi dalam istilah psikologi berarti pemunculan, atau penggunaan potensi-potensi yang terdapat dalam diri setiap orang.

Aktualisasi diri dianggap sebagai ukuran keberhasilan atau kegagalan seseorang di dalam hidupnya. Kemampuan mengaktualisasikan diri akan membuat orang merasa dirinya berguna, bahkan bila ia mampu tampil sebagai orang yang menonjol dalam masyarakat, ia akan merasa senang, puas, dan akhirnya bahagia. Doktrin ini mendorong orang untuk melakukan perlombaan dalam berbagai bidang kehidupan, terutama dalam profesi. Hasilnya, muncullah orang-orang masyhur sedunia, yang mewakili bidang masing-masing, mulai dari bidang usaha (bisnis), keilmuan, kesenian, dan banyak lagi.



Di sini saya akan sedikit menceritakan tentang pengalaman aktualisasi diri yang terjadi pada diri saya.  Dulu pada saat saya masih sekolah di bangku SMP saya adalah orang yang cenderung pendiam dan susah bergaul dengan orang lain. Itu mungkin karena saya orangnya sedikit pemalu dan kurang percaya diri, jadinya saya susah untuk bersosialisasi dengan orang yang belum saya kenal. Untuk berkomunikasi saja saya kaku dan tidak bisa berkata-kata banyak dengan mereka. sehingga saya hanya memiliki sedikit teman. Saya sangat jenuh dengan keadaan ini. Saya mencoba untuk berubah tetapi tetap tidak bisa. Tetapi semenjak saya bertemu dengan temanku yang karakternya lumayan pintar, humoris, pintar bergaul dan suka becanda itu saya bisa sedikit berubah. Meskipun dia agak sedikit kekanak-kanakkan tetapi justru yang membuatnya mudah akrab dengan orang lain. dia orang yang selalu percaya diri dan bersemangat. Dari situ saya belajar saya harus mulai berubah untuk bisa lebih baik lagi dan berusaha mensosialisasikan diri dengan orang-orang disekitar. Dan akhirnya saya mulai mendapatkan beberapa teman yang cukup banyak hingga lulus SMP. Dan pada saat SMA saya tidak kesulitan lagi dalam mencari teman. Saya juga belajar untuk menjadi dewasa lagi dan ingin menjadi orang yang lebih berguna untuk orang-orang di sekitar saya. Terima kasih untuk teman-temanku yang sudah memotivasi dan menjadi contoh figur yang baik untuk saya.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲