Masalah Sosial Akibat dari Penyimpangan Aktualisasi Diri

| Kamis, 10 November 2011

Aktualisasi diri adalah keinginan untuk menjadi orang yang diakui keberadaannya sesuai dengan posisi dan peranannya. Dalam lingkungan kita pasti setiap orang memiliki aktualisasi diri yang berbeda-beda.  Dari aktualisasi diri itu sendiri mungkin ada yang berdampak buruk atau berdampak baik. Aktualisasi diri yang berdampak buruk dan menyimpang akan menimbulkan masalah sosial pada lingkungan sekitarnya.
Berikut ini adalah beberapa contoh masalah sosial yang diakibatkan penyimpangan dari aktualisasi diri, diantaranya:
  •  Menjadikan diri setiap manusia akan lebih cenderung memikirkan dirinya sendiri (egois). Kebanyakan setiap orang memilki sifat ego yang tinggi. Mereka hanya memikirkan kepentingan untuk dirinya sendiri dan tidak peduli dengan kepentingan orang lain disekitarnya, padahal dia sendiri bisa saja membantunya.
  • Berkurangnya interaksi antara dia dengan orang lain. Hal ini sangat tidak baik dalam lingkungan yang harusnya dapat bersosialisasi. Dalam kehidupan bermasyarakat kita harus berinteraksi dengan orang-orang di sekitar.
  • Cenderung menutup diri. Dalam hal ini dia selalu menutup diri dan tidak ingin ada orang yang tahu tentang masalah apapun yang dia hadapi. Dia akan berpikir hanya dia yang mampu mengatasi masalah yang dia hadapi, sehingga dia tidak ingin menceritakan atau mengungkapkannya ke orang lain. padahal Semua orang pasti membutuhkan bantuan dari orang lain.
  • Akan berusaha apapun hingga keinginannya tercapai. Dia bisa menghalalkan berbagai cara asalkan keinginannya bisa terpenuhi atau tercapai. Misalnya saja jika dia menginginkan sesuatu yang sebenarnya dia tidak mampu untuk membelinya, dia bisa saja mencuri atau semacamnya agar keinginannya itu terpenuhi.
  • Menjadikan dirinya sombong. Setiap orang yang memiliki kelebihan yang istimewa cenderung akan menyombongkan kelebihannya itu. Merasa hanya dirinya yang paling hebat dibandingkan dengan orang lain.

Jika aktualisasi diri pada setiap orang dapat berjalan dengan baik, maka semua itu tidak akan terjadi. Ini semua tergantung kita yang melakukannya. Kita harus bisa memikirkan hal positive dan menafsirkannya agar tidak akan ada penyimpangan aktualisasi diri yang menimbulkan masalah sosial.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲